Ciri-ciri gamis syari

27 Agustus 2019 - Kategori Blog

CIRI-CIRI BUSANA MUSLIMAH SYARI

Sekarang ini sedang maraknya wanita yang berhijab. Kebanyakan dari mereka yang tadi nya bergaun serba pendek kini beralih menjadi gaun yang serba panjang. Dari yang tidak berjilbab hingga kini menjadi berjilbab. Perubahan ini terjadi dengan adanya niat dari pribadi, namun ada juga yang hanya ingin sekedar mengikuti trend yang ada pada masa kini.


Busana muslim saat ini bukanlah pakaian yang dipandang sebelah mata lagi. Tetapi busana muslim sekarang ini sudah merupakan menjadi bagian dari tren fashion. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga sudah merambat ke tren-tren fashion dunia. Yang sangat di sayangi justru dengan perkembangan ini banyak orang yang salah anggap dengan ciri busana muslim yang benar. Perkembangan ini menjadikan banyak sekali variasi yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan dalam suatu busana itu sendiri.

Terkadang ada beberapa kesalahan yang terdapat pada busana muslim sekarang ini yang pertama adalah tidak menutup aurat dengan sempurna sehingga dianggap tidak syar’i. Mulai dari pakaian yang berlengan hanya tiga per empat atau tujuh per delapan. Kemudian dengan kaki yang tidak tertutup sempurna. Terkadang ada beberapa orang yang sengaja memakai celana tanggung atau mengenakan rok yang tidak memakai rok dalam sehingga terlihat transparan. Ada juga yang memakai kerudung tidak sempurna, membiarkan leher dan anak-anak rambut tergerai begitu saja tanpa tertutup sempurna, lalu tipis dan ketatnya busana yang dikenakan oleh muslimah yang memperlihatkan bentuk dan lekuk tubuh.

Nah, bagi anda para muslimah yang berhijab dari hati, sudahkah anda tahu cara mengenakan berhijab yang benar? Apakah hijab yang anda kenakan selama ini sudah sesuai dengan syariat islam atau malah bertolak belakang?

BERIKUT CIRI-CIRI BUSANA MUSLIMAH SYAR’I :

Kain berbahan tebal dan longgal
Baik pakaian atau jilbab seorang wanita sangat disarankan untuk memilih kain yang tebal dan juga longgar. Karena kain yang tipis dikhawatirkan akan tembus pandang sehingga dapat menyebabkan terlihatnya aurat yang seharusnya ditutupi. Fungsi dari baju longgar atau mungkin yang tidak ketat, dapat menyamarkan bentuk lekuk tubuh, sehingga dapat menghindarkan diri dari pandangan yang tidak baik dan menghindarkan pula dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan misalnya dari laki-laki yang bukan muhrim-nya.

Kesederhanaan
Kesederhaan disini dimaksud bukan perhiasan yang mencolok. Islam mengajarkan agar muslimah tampil dengan sederhana dan tidak menampakkan perhiasan yang mencolok. Intinya tidak membuat orang lain apalagi yang bukan muhrim menjadi sangat tertarik dengan apa yang telah dikenakan. Sebab perhiasan yang berlebihan tentunya akan menimbulkan kesan mencolok yang bukan mencerminkan kesederhanaan.

Menutupi seluruh anggota tubuh
Mulai ujung kepala hingga ujung kaki diharuskan agar tertutup semua, terkecuali hanya wajah dan juga telapak tangan. Usahakan jangan sampai ada rambut yang terlihat, bagian leher atau telinga jugadiusahakan agar tertutup sampai tak terlihat. Dan bagian dada juga harus ditutup dengan sempurna.

Jangan menggunakan parfum
Seorang wanita dilarang apabila memakai wewangian atau parfum ketika akan keluar rumah. Baik yang dioleskan pada pakaian maupun dioleskan pada bagian tubuhnya. Karena wewangian bagi seorang wanita akan mengundang fitnah yang membangkitkan gelora syahwat kaum laki-laki. Maka dari itu demi menjaga kebaikan di antara mereka (wanita-wanita muslimah), maka perkara itu sangat diharamkan oleh islam. Dan sudah banyak sekali hadits-hadits yang menunjukan pelarangan tersebut.

Tidak menyerupai pakaian wanita kafir
Seorang muslim baik laki-laki maupun perempuan sangat dilarang untuk menyerupai orang-orang kafir, baik dalam hal beribadah, adat kebiasaan yang dilakukan, atau pakaian yang menjadi ciri khas mereka. Hal ini merupakan kaidah yang sangat agung dalam agama islam. Namun akhir-akhir ini banyak sekali dari kaum muslimin yang keluar dari kaidah ini sehingga terjerumus ke dalam tasyabuh terhadap kaum kafir, baik karena kebodohan mereka akan agama atau karena pengekoran terhadap hawa nafsunya. Sehingga umat islam menjadi sangat terhina dan dikuasai oleh orang-orang kafir.

Bukan termasuk pakaian untuk mencari popularitas
Pakaian hendaklah bukan untuk mencari suatu popularitas. Baik pakaian itu tergolong dalam pakaian mahal untuk berbangga-bangga dengan dunia dan perhiasannya, atau mungkin pakaian yang bernilai rendah dan hina untuk memperlihatkan kezuhudan atau kefakirannya dengan maksud yang mengarah pada tujuan riya. Tetapi tidak berarti ia tidak boleh memakai pakaian yang baik atau bernilai mahal. Karena pengharaman di sini berkaitan dengan keinginan mencari suatu popularitas.

Usahakan agar tidak menarik perhatian
Menggunakan gaya dengan penampilan yang biasa-biasa saja itu sudah cukup. Dan tidak terlalu berlebihan. Misalnya dilarang mengenakan parfum yang berlebihan, berpenampilan ketat dan gaul tetapi memakai jilbab, atau cara berjalan yang sangat dibuat-buat sehingga semuanya dengan tujuan yaitu menarik perhatian semua orang terutama untuk yang bukan muhrim.

Kesalahan-kesalahan yang terkadang tidak luput tetapi masih dianggap sebagai tren ialah pemakaian kerudung. Padahal sudah sangat dijelaskan bahwa memakai kerudung atau jilbab yang benar adalah jilbab yang menutupi dada. Yang sangat disayangi pada tren saat ini ialah dengan maksud dan tujuan bahwa jilbab atau kerudung hanya dijadikan sebagai salah satu penghias kepala saja. Tidak ada fungsi dengan maksud menutupi aurat, yang dalam arti menutupi bentuk kepala, menutupi rambut, dan menutupi bentuk leher dan bahu. Hal ini merupakan pandangan orang tentang busana muslimah sekarang ini.Sesungguhnya hal ini adalah jenis pakaian yang sangat salah besar akan tetapi pakaian yang seharusnya dikenakan oleh wanita muslimah ialah menampilkan apa yang layak disebut yang disebut juga dengan menutup aurat yang benar.

Demikianlah beberapa Ciri-ciri Busana Muslimah Syar’i. Semoga dapat bermanfaat, serta mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini sehingga mampu menjadi seorang wanita muslimah yang santun, terhindar dari perbuatan negatif serta taat kepada sang pencipta. Selamat mencoba

Tag :
gamis syari terbaru
Gamis syari anak
Gamis syari anak

, , , ,

 
Chat via Whatsapp